Pusing Lemarimu Berantakan Tapi Bingung Mau Mulai Beresin Darimana? Cuma Perlu "1 Trik Mujarab" Ini Kalau Kamu Pengen Lemari Pakaian Rapi Dalam Hitungan 3..2..1..



Apakah kegiatan ngerapihin isi lemari pakaian selalu bikin kamu ngerasa malas? Kalau ya, maka mungkin kamu perlu nerapin tips yang dibagiin si Marie Kondo, penulis The Life-Changing Magic of Tidying Up. Kamu hanya perlu ngejawab dengan jujur aja sebuah pertanyaan penting dari Marie soal pakaian tersebut,"apakah item itu membuat kamu happy? Jika ya, maka simpanlah. Kalau nggak, hibahkanlah ke orang lain."

Kedengarannya gampang banget, tapi masak kita harus ngebuang semua barang yang nggak bikin kita happy? Trus gimana cara milahnya dan natanya hayo?


1.Bereskan per kategori, bukan lokasi

Hal pertama yang mesti dilakuin kalau pengen lemari pakaian rapi dan hanya berisi item yang kamu suka adalah kumpulin dulu semua pakaiannya. Bukan hanya yang dari lemari aja, tapi juga dari setiap sudut rumahmu. Jadi jangan beresin pakaian yang ada di kamar dulu, lalu baru nyari yang di ruang lain. Kalau mau beres-beres, maka kumpulin semuanya dulu. Aturan yang sama berlaku juga untuk buku dan benda-benda lainnya.  

Setelah itu, beberkan setiap pakaian, jangan ditumpuk. Kalau sudah, maka kamu mungkin akan menyadari betapa banyaknya pakaian yang ada dalam lemarimu itu, sedangkan setiap harinya kamu selalu pakai baju yang itu-itu aja.  

2. Saatnya merapikan

Untuk ini kamu emang harus memungut pakaiannya satu per satu. Sesudah itu, baru tanyain ke diri sendiri pertanyaan dari Marie tadi, yaitu apakah pakaian tersebut bikin kamu happy. Dan kamu bisa mulai dari pakaian yang paling gampang keputusannya, biasanya sih ya antara pakaian favorit dan yang paling nggak disukai sama sekali.

Dalam prakteknya nanti, mungkin soal pakaian yang satu, bisa kamu putusin dengan cepat. Tapi untuk baju lainnya, mungkin butuh waktu lebih lama sehingga akhirnya kamu galau sendiri. It』s ok, tetaplah lakukan lagi setelah break sejenak.

Jangan nyerah karena hasil bersih-bersihnya nanti pasti memuaskan. Dr. Drew Ramsey selaku asisten profesor psikiatri dari Universitas Columbia bilang,"ketika seseorang merasa rapi, maka biasanya mereka jadi lebih bersemangat dan penuh energi. Tentu saja emosi semacam ini baik banget kan?!"

3. Singkirin yang "ini"

Marie juga ngasih nasihat agar kamu nyingkirin baju atau barang yang bikin kamu ngerasa bersalah. Pakaian yang dimaksud bisa jadi gaun yang kamu beli 5 tahun lalu dan baru kepakai sekali aja (padahal harganya mahal banget).

"Kalau kamu kesulitan nyingkirin item tertentu, maka nggak usah segan untuk 'berterima kasih' pada pakaian tersebut karena sudah pernah mengisi hidupmu," saran Marie. Ucapkan: "terima kasih karena sudah membuatku cantik waktu itu" atau "terima kasih karena udah ngajarin aku untuk lebih bijak saat belanja". Setelah itu, taruh ke kardus yang berlabel 'dihibahkan'.

Memang sih rasanya konyol, masak kita ngomong sama benda mati kayak pakaian. Tapi kalau hal konyol kayak gini bisa bikin kamu lebih rela dan move on, why not?! Apalagi kalau kamunya berencana untuk ngasih tuh baju ke saudara atau teman yang udah lama mengharapkannya. Dan lagi bila kamu sekarang udah bisa ngikhlasin pakaianmu, maka  nantinya kamu akan jadi lebih mudah buat nglepasin benda lain kayak buku, alat masak, tas, atau lainnya.

Bahkan menurut Dr. Drew, kita juga bisa belajar banyak dari kondisi semacam ini."Kalau kelak ada seseorang atau sesuatu yang bikin kita nggak happy, maka kita nggak bakal mempertahankannya lagi. Kita bisa dengan mudahnya bilang terima kasih lalu move on."

4. Sekalian aja..

Jangan dicicil! Ajang ngrapiin lemari nggak sama kayak hutang yang bisa dicicil pembayarannya. Soalnya kalau kamunya nyicil, beresin dikit-dikit, maka ujung-ujungnya kamu bakal ngerjain itu setiap hari. Lakuin sekaligus begitu kamu udah mulai..

5. Cara ngelipat dan nata yang benar
Waktu kamu naruh baju di laci lemari, gimana cara naruhnya? Apakah dengan ditumpuk kayak biasanya? Jika ya, maka segera ubah itu. Daripada ditumpuk, mending kamu berdirikan bajunya satu per satu supaya setiap item kelihatan dari luar. Dengan begitu kamu nggak perlu lagi nggali tumpukan baju, dan kemudian membuatnya berantakan lagi.

6. Jangan simpan kalau..

Pastinya adalah 1-2 baju dalam lemari yang pengen kamu sulap menjadi item lainnya, misalnya kaos yang agak robek dikit bisa buat baju tidur tuh. No..no..! Sebaiknya kamu nggak nyimpan itu dalam lemari karena besar kemungkinan nggak akan kamu pakai juga nantinya.

7. Buang yang nggak perlu


Kalau di rumah ada surat lama yang masih berharga buatmu, maka kamu ada 2 pilihan sih, tetap menyimpannya dalam bentuk keras, atau scan itu, lalu simpan datanya sehingga kamu bisa ngebuang kertas fisiknya.

8. Donasikan kalau memang nggak pengen lagi

Ada hadiah dari mantan pacar yang disimpan males, tapi dibuang juga sayang? Donasikan juga yang satu itu.

9. Nggak perlu beli lemari baru hanya karena pengen lebih rapi

Kalau dasarnya kamu emang nggak rapian, maka mau beli lemari segede dan semahal apapun, hasilnya nanti bakal tetap sama. Lemari pakaian tetap bakal nggak rapi juga. Jadi jangan pernah berpikir kalau lemari baru bisa bikin kamu lebih rapi dari yang sekarang. Emang bisa pas di awal doang, tapi selanjutnya? Itu hanyalah angan-angan saja. Yang penting sekarang adalah utamakan yang namanya kemudahan. Mudah menata dan mudah mengambil pakaian sehingga risiko morat-marit bisa diminimalisir.

So, are you ready to clean up?

Sumber: Today 

0 Response to " Pusing Lemarimu Berantakan Tapi Bingung Mau Mulai Beresin Darimana? Cuma Perlu "1 Trik Mujarab" Ini Kalau Kamu Pengen Lemari Pakaian Rapi Dalam Hitungan 3..2..1.. "

Posting Komentar