Kulitnya Muncul "Bercak Merah" dan Pantatnya "Gatal-gatal", Ternyata Baru Tahu Kalau Ia Sudah Terserang "Penyakit Mematikan Ini"!



Biasanya, kalau merasa "anal" atau lubang pant*t gatal-gatal, mungkin dikira karena jarang mandi atau cebok gak bersih, padahal itu bisa jadi pertanda akan sesuatu yang serius, seperti "cacingan" misalnya. Jangan dianggap remeh, karena cacingan bisa jadi merengut nyawa!

Tanpa kita sadari, parasit atau mikroba seperti cacing mungkin ada di sekitar kita, seperti pasir pantai, tanah yang becek atau bahkan makanan yang tidak diolah dengan higienis.

Biasanya kalau kita tidak sengaja terinfeksi cacing, kita akan langsung merasa "sakit", karena cacing tersebut akan mengkonsumsi nutrisi yang ada dalam tubuh, bertelur dan beranak, bahkan menghasilkan racun!

Sebenarnya cacing bisa diobati, tapi lebih cepat lebih baik, siapa yang mau tubuhnya menjadi rumah bagi para parasit yang menjijikkan itu? Yuk kita simak apa saja gejala awalnya!

1. Pencernaan bermasalah
Kalau cacing masuk ke dalam usus, ia akan menghancurkan lapisan usus dan menyebabkan terjadi diare yang parah. Kamu akan merasa kembung, mual, sembelit dan lain-lain. Kalau kamu setiap hari makannya bersih, bervitamin, tapi masih saja mengalami masalah pencernaan, mungkin kamu harus waspada, buruan cek ke dokter!

2. Sakit perut
Cacing akan hidup di bagian atas usus kecil dan menyebabkan radang usus. Hebatnya, ia dapat mencegah dirinya dikeluarkan dan menempel terus di sana. Kamu akan merasakan sakit perut yang luar biasa. Biasanya rasa sakit ini terkait dengan infeksi cacing gelang atau cacing tambang.

3. Gatal-gatal pada dubur
Apabila dubur terasa gatal atau tidak nyaman, terutama pada malam hari, itu disebabkan karena cacing betina menjalar ke bagian dekat anus dan bertelur, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Kalau gatalnya mencapai 2 minggu, segeralah periksakan diri ke dokter.

4. Lelah
Cacing akan mengkonsumsi nutrisi penting dalam tubuh. Semua makanan yang kamu makan akan diserap sama mereka, jadi kamu akan merasa lelah, letih, lesu, tak berenergi. Kalau lelahnya tidak masuk akal, segera periksa ke dokter sesegera mungkin.

6. Menggertakkan gigi
Kalau kamu menggertakkan gigi saat tidur, itu mungkin karena cacing dalam tubuh merayap dan melepaskan racun. Hal ini lebih sering terjadi pada anak-anak. Kalau anak-anak Anda muncul situasi seperti ini, sebaiknya periksakan ke dokter.

7. Masalah kulit
Peradangan akibat parasit dapat menyebabkan masalah kulit seperti ruam, urtikaria, eksim, dan bentuk alergi lainnya. Hal ini karena parasit dan toksin yang dihasilkan oleh parasit meningkatkan kadar eosinofil dalam darah, menyebabkan bisul, luka dan bengkak.

8. Nyeri otot dan nyeri sendi
Ada beberapa jenis cacing yang menyerang otot dan jaringan lunak sendi  sehingga menyebabkan nyeri otot. Biasanya banyak orang keliru bahwa itu adalah arthritis. Namun, kalau setelah diobati tetap tidak sembuh, mungkin itu sebenarnya disebabkan oleh parasit.

Kalau muncul tanda-tanda di atas, lebih baik segera periksa ke dokter yah! Kita tidak pernah tahu kapan dan di mana kita bakal terinfeksi parasit, tapi sebaiknya biasakan hidup bersih, makan bersih dan hindari tempat-tempat yang kotor & banyak kumannya!

Semoga dapat bermanfaat! Bagikan juga pengetahuan ini ke sobatmu!

Sumber: Cerpen

0 Response to " Kulitnya Muncul "Bercak Merah" dan Pantatnya "Gatal-gatal", Ternyata Baru Tahu Kalau Ia Sudah Terserang "Penyakit Mematikan Ini"! "

Posting Komentar