[AYO DI SHARE] Ngaku Aja, Waktu Kecil Kamu Percaya Sama 13 Mitos Lucu Ini!


Sewaktu kecil otak kita bagaikan spons, sangat kuat menyerap berbagai informasi yang masuk. Apalagi saat kanak-kanak kita seperti kertas putih, polos dan mudah percaya dengan apa yang dikatakan orang dewasa. Ini sebenarnya masa-masa krusial untuk pembentukan karakter, dan biasanya apa yang kita percayai sejak umur belia akan terus membekas dalam hidup.
Sekarang meskipun kamu udah gede dan logikamu sudah berkembang, tapi kamu pasti masih ingat sejumlah mitos yang diutarakan orang tua, kerabat maupun orang-orang di sekitarmu. Kamu pernah percaya banget sama hal-hal ini padahal gak jarang itu hanya usaha orang dewasa untuk mengerjaimu biar gak slengean. Apa saja sih?

1. "Kalau biji semangka sampai tertelan, awas nanti pohonnya bisa tumbuh dari ubun-ubun!"


Setelah gede kamu sadar bahwa hal ini gak benar, semua yang masuk ke lambung bakal luruh oleh asam. Akan tetapi dulu ini pernah jadi teror berat bagimu yang gak sengaja nelan biji semangka atau jeruk. Yah, mungkin tujuannya baik, biar kamu jadi hati-hati saat makan buah dan gak tersedak.

2. "Kalau kamu doyan makan brutu nanti jadi bodoh atau pelupa!"


Rajin makan brutu katanya bikin pelupa, tapi mama papa kok tetap doyan ya? Rupanya ada teori bahwa mitos ini diutarakan oleh orang tua biar brutu yang enak itu bisa dinikmati mereka daripada anak-anaknya hahaha, ah masa sih

3. "Polisi tidur konon dulunya polisi hidup yang dikutuk jadi batu..."


Sebagian darimu mungkin pernah diberi cerita asal-usul polisi tidur yang ini? Kalau masih kecil mah iya-iya aja, udah besar kamu pasti ngakak saat mengingatnya.

4. Masih ingat urban legend Mister Gepeng? Mati di lift tapi kok menghantui toilet?


Mister Gepeng pernah jadi urban legend fenomenal di kalangan anak-anak sekolah 90-an. Katanya ini sosok pengusaha yang meninggal karena tergencet lift lantas menghantui toilet di sekolah-sekolah atau nomor-nomor telepon misterius. Tapi coba kamu nalar deh, meninggal kegencet lift kok menghantui toilet yak? Hehehe.

5. Selain itu toilet semasa sekolah kok rasanya pasti diselimuti rumor berhantu ya?


Selain Mister Gepeng, masih banyak sih urban legend dan kisah hantu di sekolah yang dihubung-hubungkan dengan toilet. Ala-ala Hanako dari Jepang gitu deh. Bisa jadi ketakutan ini berakar dari kondisi toilet umum yang emang suka kotor, bau dan bikin malas jadi kesana. Mending tahan pipis atau ramai-ramai serombongan ke toiletnya.

6. "Kalau gigi susu copot, lempat gigi atas ke bawah dan gigi bawah ke atas genteng!"


Katanya dengan begini giginya jadi lebih cepat tumbuh dan sehat! Tapi apa iya ya? Sudah ada penelitian empiris yang membuktikannya gak? Di belahan dunia lain anak-anak gak melempar gigi mereka melainkan menyimpannya di bawah bantal... dan tumbuh-tumbuh aja tuh!

7. Masa' katanya kalau kebelet beol tinggal genggam batu aja di tangan biar bisa tahan.


Lagi main, tapi kebelet boker, tapi lagi main, tapi kebelet boker... dilema tingkat dewa. Yaudah genggam batu aja di tangan erat-erat, konon kebeletnya bisa hilang. Pernah coba?

8. "Kalau kamu mengaitkan kedua telunjuk di dekat anjing atau kucing mereka jadi gak bisa pup."

Kali ini gantian bikin makhluk lain yang gak bisa pup. Cari kucing atau anjing yang lagi ngeden dan kaitkan kedua telunjukmu selagi mengamati hewan tersebut, katanya nanti si kucing atau anjing gak jadi pup. Padahal mungkin hewan-hewan malang itu gak jadi pup karena kamu lihatin, sudah naluri mereka untuk buang air di tempat yang gak diawasi predator potensial...

9. "Awas kalau makannya jorok nanti nasi yang nempel di kulit bakal jadi kutil!" Atau "kalau gak habis, nasinya nangis..."

Sekarang coba tempel-tempelin aja nasi ke kulit, jadi kutil gak? Hahaha, ini sih jelas usaha orang dewasa biar anak-anak makannya rapi, gak dijadikan mainan atau gak dihabisin.

10. "Jangan tidur habis makan, Nak! Nanti kamu jadi ular..."

Padahal maksudnya sih biar kamu gak mengembangkan kebiasaan jelek untuk tidur habis makan. Soalnya gak sehat.

11. Dulu boro-boro pacaran, pegangan tangan sama lawan jenis aja takut soalnya bisa bikin hamil!


Dulu meskipun kamu naksir sama teman sekelas tapi harus dipendam-pendam, meski diceng-cengin teman-teman lain kamu tetap bergeming. Pasalnya ada mitos bahwa cowok cewek pegangan bisa bikin hamil!!! Apa-apaan banget ya...

12. "Fuuuh, fuuuh" kalau video game ngadat, berarti kaset Nintendo harus ditiup dulu tuh!


Padahal cheat ini gak terbukti kebenarannya. Namun bahkan sampai sekarang (kalau kamu masih punya konsolnya) masih sering kamu lakukan. Herannya sih, gak jarang habis ditiup kasetnya memang bisa bener lagi.13. Pas lagi asik nonton, filmnya macet... wah berarti VCD-nya kotor euy!
Gak jauh berbeda sama kaset Nintendo, saat lagi nonton dan filmnya macet yang kamu salahin biasanya kebersihan cakram DVD atau yang zaman dulu ngetren VCD. Padahal sebenarnya membersihkan cakram malah berisiko semakin merusaknya tuh. Haha, tapi sama aja setiap habis dibersihkan anehnya filmnya jadi lancar lagi. Kekuatan sugesti...
Itu tadi 13 mitos lucu yang pasti pernah kamu dengar atau percayai waktu masih kecil. Saat itu dengan polosnya kita menelan mentah-mentah semua informasi yang masuk. Terutama yang menakut-nakuti seperti biji semangka atau rumor hantu-hantuan. Namun, kehidupan masa kecil malah jadi semakin berwarna ya sepertinya. Ada lagi gak mitos masa kecil yang belum ikut tercantum di atas? Tulis di kolom komentar dooong.

0 Response to " [AYO DI SHARE] Ngaku Aja, Waktu Kecil Kamu Percaya Sama 13 Mitos Lucu Ini! "

Posting Komentar