Senin, 26 Desember 2016

Orang Bilang "Tinggal Bareng Mertua Kayak Neraka", Padahal 5 Keuntungan Ini telah Menanti!


Memulai hidup baru sebagai keluarga kecil merupakan satu langkah pertama yang harus dilakukan pengantin baru. Kehidupan yang membahagiakan pun pasti jadi impian setiap pengantin baru, termasuk kamu bukan? Tapi kadang kebahagiaan itu terkesan menyeramkan saat terpaksa harus tinggal di rumah mertua. Momok menakutkan tentang Pondok Mertua Indah pun jadi mimpi buruk di tengah kebahagiaan pernikahan.
Tapi apakah memang demikian?
Kalo kamu mau mencicipi sejenak, sebenarnya ada keuntungan yang bisa kamu dapetin selama tinggal bersama mertua lho. Coba kita teliti satu persatu.

1. Karena beban hidup ditanggung dua keluarga, kamu pun bisa mengatur pengeluaran lebih bijak dan hemat.

Kamu dan pasangan udah punya penghasilan sendiri dan bisa banget biayain hidup kalian sendiri. Tapi tinggal di rumah mertua bakal bikin pengeluaran menjadi lebih hemat. Pastinya ada beberapa pengeluaran yang akan terpangkas, hilang sama sekali, atau patungan sama mertua. Misalnya aja gak perlu ngeluarin biaya listrik atau gas, tapi dengan catatan ada subsidi silang yang bisa kalian berikan di pos pengeluaran lainnya. Intinya kamu tetap punya tanggung jawab tapi bisa lebih hemat daripada hidup di rumah sendiri.

2. Ada orang terpercaya yang menjaga anak ketika kamu terpaksa meninggalkannya di rumah.

Setelah punya anak, kamu dan pasanganmu akan mulai kerepotan dengan hadirnya bayi lucu. Menjadi orang tua baru tentu membuat kalian minim pengalaman dalam mengurus bayi dan segala keperluannya. Tapi termyata tinggal bersama mertua akan meringankan beban ini lho. Karena mertua akan ikut serta menjaga dan memperhatikan cucunya. Tentunya sebuah keuntungan di saat kamu dan pasangan ada acara keluar, dan membuat kamu jauh lebih tenang saat meninggalkan anak bersama kakek neneknya.

3. Percaya deh, tinggal bareng mertua juga bikin emosi kamu lebih terkendali lho.

Bukan gak mungkin pasangan muda bakal punya emosi yang kurang stabil. Dengan tinggal bersama mertua yang notabene lebih tua, maka emosi lebih bisa dikendalikan. Malu karena ada mertua dan sungkan karena berada di rumah orang lain membuat kamu gak meledak-ledak saat marah dengan pasangan. Kamu dan pasangan jadi punya semacam wasit yang akan memberikan batasan tentang kerumahtanggaan.

4. Kehadiran mertua membuat semua proses yang kamu jalani sebagai pasangan baru terasa lebih mudah dan ringan.

Sangat menyenangkan ketika harus belajar membangun keluarga baru dengan didampingi oleh seniornya. Kamu dan pasangan bakal belajar seringi berjalannya waktu bagaimana menjadi sosok suami yang yang baik dan istri yang baik. Dengan belajar langsung dari orang tua yang sudah melewati asam garam rumah tangga, kamu bisa percaya bahwa kamu dan pasangan adalah produk dari didikan mereka. Jika memang baik, kenapa tidak diterapkan untuk anak-anak kalian juga? Dan pastinya setiap hari akan ada wejangan yang kamu dapat dari mertua.

5. Dan yang jelas, kekeluargaan akan semakin erat dan rasa canggung pun pelan-pelan aan sirna dengan sendirinya.

Tinggal di satu atap akan menambah sisi emosional bersama mertua. Keakraban akan terus terjalin hingga menular ke anak-anak kalian nanti. Bukan tidak mungkin hubungan dengan tetangga akan lebih mudah terjalin karena memang sudah tak asing dengan rumah di kiri kanan. Rasa kekeluargaan ini yang mungkin tidak akan ditemukan saat kalian tinggal di rumah sendiri.
Jadi, tinggal bersama mertua gak selalu jadi momok menakutkan kayak apa yang kamu pikirkan selama ini kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar