"Fungsi- fungsi Tersembunyi" Microsoft Word yang Dapat Mempersingkat Waktumu Dalam Bikin Tugas atau Skripsi!


Microsoft Word pasti sudah tidak asing lagi untuk para mahasiswa dan pekerja-pekerja kantoran, bahkan pada umumnya Ms Word adalah program pertama yang pasti kamu pelajari saat pelajaran komputer. Meskipun Ms Word sudah menjadi makanan sehari- hari selama bertahun- tahun, tapi apa kamu sudah benar- benar mengenalnya secara mendalam? Banyak sekali loh "fungsi tersembunyi" dari Ms Word yang tidak diketahui orang, seperti fungsi- fungsi dibawah ini:
1. Blok seluruh paragraf hanya dengan 3 kali klik.
Sekarang tidak perlu lagi memblok paragraf dengan menggerakkan kursor dari atas sampai bawah, cukup dengan 3 kali klik saja, seluruh paragraf akan ter-blok dengan otomatis! Cara ini akan terasa sangat berguna,apalagi kalau paragrafnya panjang sampai satu halaman. Hihi
2. Blok satu kalimat dengan menekan Ctrl+ klik kalimat yang mau kamu blok.
Biasanya kita juga akan memblok satu kalimat dengan menggerakkan kursor dari awal sampai akhir kalimat, tapi kekurangan dari cara ini adalah, terkadang bisa kelebihan blok atau kursor terlepas sebelum akhir kalimat. Nah, hal- hal seperti ini tentunya sangat memakan waktu. Kini kamu dapat memakai cara menekan Ctrl + klik kalimat yang kamu inginkan, maka kalimat tersebut akan ter-blok dengan sendirinya!
3. Memperbesar dan memperkecil ukuran teks dengan menekan Ctrl+ Shift+ >
Terkadang saat menulis sebuah teks, dalam konteks tertentu beberapa kata perlu diperbesar atau diperkecil ukurannya, seperti saat ingin memberi penekanan dan sebagainya. Cara praktisnya, blok kata yang kamu inginkan lalu tekan Ctrl+ Shift+ > untuk memperbesar, dan sebaliknya tekan Ctrl+ Shift+ < untuk memperkecil ukuran teks.
4. Tekan Shift+ F5 untuk menuju bagian yang terakhir kamu edit.
Kalau misalnya ditengah edit tugas atau skripsi, tiba- tiba ada panggilan mendadak yang membuat kamu harus meninggalkan Ms Word-mu,  kamu bisa menekan Shift+ F5 saat membuka kembali file Word-nya untuk langsung menuju bagian terakhir yang kamu edit, jadi kamu gak usah repot- repot untuk mengingat kembali pekerjaanmu sudah sampai mana.
5. Pakai Ctrl+ Space Bar untuk mengubah format teks menjadi plain text ketika di copas dari internet.
Mengambil data dari internet saat menulis sesuatu sudah menjadi hal yang lazim. Tapi sering kali yang bikin repot itu, begitu kita copy teks dari internet, format teks yang ter-paste akan mengikuti format dari internet. Untuk mengubah format teks menjadi plain text saat dipaste, tekan Ctrl+ Space Bar.
6. Tekan Shift+ F3 untuk mengubah huruf kecil menjadi kapital dan sebaliknya.
Siapa bilang kalau mau kapitalin huruf harus teken Caps Lock dulu? Kalau misalnya kebetulan capslock kamu lagi jebol, atau kamu lupa untuk mematikan/menyalakan caplock waktu lagi ngetik, tenang saja, Ms Word punya cara singkat untuk mengatasinya! Blok kata yang mau diubah, lalu tekan Shift+ F3. Beres deh!
7. Mau ganti ke halaman baru? Gak usah tekan enter terus- terusan, pake Ctrl+ Enter aja!
Ketika mau ganti bab sat menulis skripsi, bab yang baru harus ditulis di halaman yang baru. Kebanyakan dari kita akan menekan Enter berulang kali untuk pindah ke halaman baru yang dimana sebenarnya agak menguras waktu. Gunakan Ctrl+ Enter untuk langsung pindah ke halaman baru  tanpa mempengaruhi tulisan dari halaman sebelumnya. Coba deh, super cepet!
8. Di Ms Word juga terdapat kalkulator tersembunyi yang bisa kamu pakai loh!
Cara mengeluarkan kalkulator tersembunyi: Klik Word Option Quick Access Toolbar / Customize Ganti Command menjadi All Command Calculate Add OK
Barangkali bisa berguna kalau kamu ingin membuat tugas yang berhubungan dengan hitung- hitungan.
Nah, gimana? Banyak kan fungsi Ms Word yang sangat dapat menghemat waktumu dalam mengetik? Semoga bermanfaat dan jangan lupa share yah!

0 Response to " "Fungsi- fungsi Tersembunyi" Microsoft Word yang Dapat Mempersingkat Waktumu Dalam Bikin Tugas atau Skripsi! "

Poskan Komentar